Image News Detail

Tips Diet Serat ala FiberKid

04 Mei 2018

Ingat ya, diet serat harus dilakukan secara bertahap karena tubuh kita perlu menyesuaikan diri. Terlalu banyak makan serat bisa menyebabkan perut tidak nyaman, kram bahkan diare. Disarankan setiap hari, kita mengonsumsi 25 gram serat untuk wanita dan 38 gram serat untuk pria.

Pilih makanan yang alami bukan olahan karena kadar seratnya biasanya tinggi. Selain itu, kebanyakan serat ada di kulit buah dan sayur. Jadi biasakan untuk memakan buah dan sayur bersama kulitnya. Nah untuk lebih jelasnya. nih mimin beri tips untuk memulai diet serat. Selamat mencoba!

SARAPAN
Hindari makanan yang terlalu banyak gula dan karbohidrat. Meskipun bikin kenyang, tapi makanan yang terlalu manis justru bikin kita jadi lebih cepat lapar. Nah, kalau bunda sering menyajikan roti tawar dan susu kental manis tiap pagi, ganti dengan roti gandum dan susu rendah lemak. Selain itu, pilih makanan yang tinggi serat dan protein seperti oatmeal, sereal gandum dan telur.

MAKAN SIANG
Makan kenyang gak harus selalu nasi. Kalau kita super sibuk dan gak punya banyak waktu untuk makan coba roti sandwich dan salad untuk makan siang. Kalau tidak pilihan lagi selain nasi pilih nasi mera. Selain rendah kalori, nasi merah juga mengandung serat. Sehingga kita lebih kenyang dan tidak cepat gemuk. Perbanyak buah dan sayur supaya kita tidak perlu makan perlu makan banyak daging atau lauk lainnya yang kurang sehat.

MAKAN MALAM
Jangan makan terlalu malam. Idealnya jam 6 atau 7. Setelah jam 8, sebaiknya jangan makan lagi. Kurangi juga porsi karbohidrat, lemak dan juga minyak. Karena pada malam hari, tubuh juga perlu istirahat. Sehingga jangan dipaksakan untuk mencerna terlalu banyak. Setelah makan malam, cuci piring sendiri, jangan langsung duduk. Tubuh harus bergerak setelah makan supaya gak cepat gemuk.