Image News Detail

Mengganti Sayur dengan Buah

12 Februari 2018

Kalau ditanya, anak-anak pasti banyak yang lebih memilih makan buah daripada sayur. Padahal buah dan sayur punya kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda.

Sayuran berdaun hijau misalnya, memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang lebih banyak dari buah. Sedangkan buah punya kandungan karbohidrat yang lebih banyak daripada sayur. Sehingga rasanya lebih manis dan membuat kita lebih kenyang.

Sedangkan menurut dokter anak Herbowo Soetomenggolo, justru kandungan serat pada sayuran lebih beragam. Batang sayuran mengandung serat yang larut. Sedangkan daun nya mengandung serat yang tidak larut. Berbeda dengan buah yang kebanyakan hanya mengandung serat tidak larut.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan orang dewasa untuk makan buah dan sayur sebanyak 400-600 gram per hari. Jumlah tersebut terdiri dari 250 gram sayur dan 150 gram buah. Memang jumlah sayur masih lebih banyak ketimbang buah-buahan. Bahkan Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa konsumsi sayur sebaiknya dua pertiga dari seluruh jumlah anjuran konsumsi sayur dan buah.

Sayuran 250 gram setara dengan 2,5 gelas sayur yang telah di masa. Kebutuhan sayuran ini bisa dibagi jadi tiga kali makan. Sementara itu, kebutuhan buah per hari yang sebesar 150 gram bisa setara dengan tiga buah pisang ambon atau dua buah apel ukuran sedang atau sekitar empat buah jeruk ukuran sedang.