Image News Detail

5 Manfaat Serat Pangan Untuk Anak

02 Maret 2017

Tahukah Anda, berdasarkan sebuah penilitian, sembilan dari sepuluh anak-anak usia sekolah masih kurang mengkonsumsi serat dalam makanan mereka sehari-hari. Padahal rata-rata kebutuhan serat pangan anak usia 3 tahun hingga orang dewasa adalah 30 gram per hari.

Keadaan ini dipersulit lagi dengan berbagai jenis pilihan makanan yang disukai anak-anak kurang mengandung serat pangan, sedangkan buah-buahan dan sayuran yang menjadi sumber serat pangan kurang digemari anak-anak.

Pernakah mengalami anak Anda mengeluh susah buang air besar, atau BAB tidak teratur? Atau mungkin anak Anda mengeluh selalu lapar dan sulit berkonsentrasi? Besar kemungkinan disebabkan anak Anda kurang serat. Berikut lima manfaat serat para Anak:

1. Membantu Proses Pencernaan 

Salah-satu sifat serat adalah mengikat air, sehingga menjaga kandungan air dalam saluran cerna. Ini penting agar pergerakan pencernaan di perut anak Anda bergerak secara teratur, tidak tersendat, dan memudahkan anak Anda ketika BAB. 

2. Menjaga Pola Makan yang Teratur

Serat membantu menjaga makanan berada di lambung lebih lama, sehingga menyebabkan anak Anda merasa kenyang lebih lama, tidak mudah lapar dan membantu proses penyerapan gizi makanan menjadi lebih baik.

3. Menjaga kadar gula dalam tubuh

Fungsi serat membantu penyerapan glukosa sehingga gula yang masuk ke sel-sel darah akan melambat dan menjaga tingkat gula darah yang normal dalam tubuh. Hasilnya anak dapat berkonsentrasi lebih baik sehingga berpengaruh juga terhadap perilaku anak menjadi lebih positif. Ini dapat mengurangi kemungkinan anak terkena penyakit diabetes di kemudian hari.

4. Mencegah berbagai penyakit

Serat yang larut dalam air menjerat lemak di dalam usus halus, dengan begitu serat dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah hingga 5%. Dalam saluran pencernaan serat dapat mengikat garam empedu (produk akhir dari kolesterol) kemudian dikeluarkan bersamaan dengan feses. Dengan demikian serat pangan mampu mengurangi kadar kolesterol dalam plasma darah sehingga diyakini akan mengurangi dan mencegah resiko terkena penyakit jantung dan obesitas di kemudian hari.

5. Meningkatkan imun tubuh

Dengan semua manfaat di atas menyebabkan tubuh anak Anda menjadi lebih sehat sehingga tidak mudah terkena penyakit dan menunjang aktifitas sehari-hari mereka lebih aktif dan dinamis.

Jadi pastikan ya anak Anda terpenuhi kebutuhan serat pangannya setiap hari.