Image News Detail

5 Kesalahan Umum Saat Diet

04 Mei 2018

Mungkin kamu heran saat bercermin melihat bentuk tubuh kamu yang tidak mengalami perubahan yang signifikan. Padahal kamu sudah menerapkan gaya hidup sehat, olahraga yang teratur, pola makan yang benar untuk mendapatkan tubuh langsing bebas lemak. Namun lemak tetap aja tidak mau pergi dari tubuh kamu.

Ada 5 kesalahan umum yang biasa dilakukan saat sedang diet :

1. Tidak cukup mengonsumsi serat

Tahukah kamu bahwa serat membantu meningkatkan rasa kenyang dan sebaliknya apabila kekurangan maka seseorang akan makan lebih sering dan berlebihan. Mengapa demikian? Karena makanan tinggi serat umumnya memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dibanding karbohidrat olahan atau gula. Itulah mengapa salah satu akibat kurang serat dalam makanan adalah kegemukan atau obesitas. Jadi, bagi yang ingin menurunkan berat badan jangan lupa makan makanan yang tinggi serat.

2. Meminum kalori yang tidak berguna

Terkadang kita mengkonsumsi minuman ini untuk menambah tenaga, seperti minuman bersoda, diet coke, minuman penambah energi, sirup buah, dan minuman lainnya yang sarat akan gula. Minuman seperti ini hanya menyediakan kalori yang tidak berguna dari kadar gula yang sangat tinggi di dalamnya. Peningkatan kadar gula dalam tubuh dapat meningkatkan resiko terkena diabetes, kelebihan gula di dalam tubuh juga akan meningkatkan penimbunan lemak didalam tubuh. Sebaiknya dapatkan kalori dari makanan alami bukan dari minuman buatan.

3. Kurang minum air putih

Air putih memiliki peranan penting dalam program fat loss karena tanpa asupan air putih yang cukup dapat membuat kinerja ginjal tidak bekerja secara optimal. Apabila ginjal tidak bekerja dengan baik akibat kekurangan air putih, maka akan membuat hati bekerja ekstra keras untuk membantu kinerja ginjal. Sebagaimana kita ketahui hati dapat mengubah lemak menjadi bahan bakar. Apabila fungsi hati terganggu maka kemampuannya mengubah lemak menjadi bahan bakar akan terganggu juga.

4. Tidak cukup mengonsumsi lemak baik

Lemak juga sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun lemak yang diperlukan lemak yang baik seperti lemak tak jenuh dan lemak nabati yang bisa anda peroleh dari minyak ikan, kacang-kacangan dan lain-lain. Lemak baik yang cukup dapat mengontrol rasa lapar dalam tubuh kamu, beberapa fungsi lain lemak yang baik adalah untuk meningkatkan fungsi otak, menyeimbangkan hormon, menjaga hormon testosterone. Lemak yang baik juga dapat meningkatkan fungsi hati yang berimbas pada peningkatan kemampuan recovery tubuh dan meningkatkan pembakaran lemak yang jelek.

5. Tidak makan snack sehat di antara jam makan

Kamu mungkin akan menahan rasa lapar diantara jam makan, tapi terkadang kamu menahannya dengan memakan cemilan atau makanan ringan. Yang salah disini adalah makanan ringan yang dikonsumsi adalah makanan ringan yang tidak sehat yang mengandung gula sangat tinggi atau makanan ringan yang banyak mengandung garam. Hal ini akan memicu tubuh untuk merubah makanan itu langsung menjadi lemak sehingga akan merusak program fat loss kamu. Konsumsilah cemilan sehat dalam fat loss kamu seperti protein bar, buah-buahan, dan lain-lain untuk menghindari rasa lapar dan defisit kalori.